Sat. Dec 14th, 2019

ExtraVentures

Gerbang Esports Indonesia

PUBG Mobile Vs. Free Fire: Mana yang harus dipilih?

Nampak genre permainan mudah alih pertempuran royale benar-benar menguasai pasaran esports di Indonesia. Macam mana boleh jadi? PUBG Mobile hanya mengajarkan setiap kejohanan dalam bahasa talian bisa didapati di halaman penyenaraian Extra Ventures. Walau belum, PUBG Mobile tidak dapat ditandingi.

Baru-baru ini, Free Fire oleh Garena ini baru saja dilombakan dalam audisi esports nasional pertama yang disebut First Warriors. Hingga saat ini, jumlah pemain dari judul royale pertempuran PUBG Mobile dan Free Fire telah mencapai 100 juta pemain tanpa mengetahui usia atau batasan jenis kelamin.

Sesetengah pemain pemula mungkin harus memilih 2 permainan dengan genre ini. Adakah kamu di antara mereka yang bingung?

Jangan risau, artikel ini akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda memilih royale pertarungan ‘aliran’ yang sesuai dengan Anda. Mari bandingkan Free Fire vs PUBG Mobile!

Ukuran file

Free Fire memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada pesaingnya PUBG Mobile. Ukuran file Free Fire hanya 430 MB, sementara PUBG Mobile memiliki ukuran 1,8 GB.

Sebagian orang menganggap dengan kapasitas yang lebih kecil, maka Free Fire secara otomatis tidak lebih baik dari PUBG Mobile. Apakah benar hal itu merupakan masalahnya?

Sepertinya tidak. Setiap game tentu memberikan pengalaman tersendiri saat bermain. Ini bisa dilihat dari peringkat di Play Store, di mana peringkat Free Fire di atas PUBG Mobile.

Kapasitas memori yang lebih kecil membuat game besutan Garena ini sangat ringan, terutama untuk perangkat seluler dengan kapasitas memori kecil. Jadi jangan heran jika game ini memiliki lebih banyak pengguna.

Namun, PUBG Mobile sendiri juga tidak terhitung sebagai game berat yang hanya bisa dimainkan di perangkat canggih. Anda masih dapat menyesuaikan kualitas grafis pada tingkat yang sesuai dengan kemampuan gadget Anda.

Gameplay dan Kontrol

Dalam gameplay, baik PUBG Mobile dan Free Fire memiliki pola permainan yang sama. Di awal permainan, karakter Anda akan melompat dari pesawat, melakukan penjarahan di folder untuk mengumpulkan persediaan untuk bertarung, lalu bertahan hingga tersisa satu pemain atau satu tim.

Dari sini, jelas tidak ada perbedaan dalam hal jalannya pertandingan. Namun, ketika diperiksa secara rinci, ada satu fitur yang membedakan. Jika Free Fire mengenali fitur tujuan otomatis, maka PUBG Mobile masih menggunakan sistem kontrol manual. Free Fire juga menawarkan gerakan yang lebih responsif dibandingkan PUBG.

Dengan pemikiran ini, jika Anda lebih memilih permainan dengan kontrol yang lebih mudah, tentu saja cocok untuk bermain Free Fire; sementara bagi Anda yang ingin menikmati lebih banyak pengalaman dan tantangan dalam permainan, maka PUBG adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Peta

Berbicara tentang peta permainan, BATTLEGROUNDS PLAYERUNKNOWN’S memiliki peta yang lebih luas daripada para pesaingnya Free Fire. Peta luas memberi pemain kesenangan khusus dalam menjelajahi peta besar dengan pemain yang tidak berdekatan.

Namun, fitur ini bisa menyulitkan Anda jika Anda bermain jauh dari zona aman yang terus menyusut. Anda akan panik jika Anda tidak menemukan kendaraan, atau pergi berperang hanya untuk menemukan kendaraan. Rentan dan mudah menemukan musuh, lho!

Di sisi lain, peta yang lebih kecil akan lebih mudah untuk membawa Anda bersama musuh.

Jadi, jika Anda menyukai permainan lambat dan memberi Anda banyak peluang untuk mendapatkan peralatan yang bagus, maka unduh PUBG Mobile segera.

Di menu pengaturan grafik PUBG Mobile, ada lebih banyak pilihan mulai dari Smooth, Balanced, HD, HDR, hingga Ultra HD. Itu juga dilengkapi dengan frame rate dari rendah ke ekstrim.

Kualitas grafis

Harap dicatat bahwa untuk pengguna perangkat yang tidak terlalu ditentukan, grafik yang akan ditampilkan oleh PUBG Mobile akan menurun sesuai dengan kinerja perangkat yang digunakan. Ini adalah alasan mengapa kadang-kadang tampilan gambar dalam pengaturan yang sama dapat berbeda pada perangkat lain.

Tidak seperti PUBG Mobile, Free Fire hanya menawarkan pilihan Smooth, Standard dan Ultra; dan tanpa pengaturan kecepatan bingkai. Meski begitu, kualitas grafis Free Fire tidak kalah menarik dengan perpaduan warna yang mencolok.

Untuk masalah grafis, Free Fire lebih konsisten daripada PUBG karena tampilan grafis yang ditampilkan akan tetap sama meskipun ada perangkat yang berbeda.

Jika dilihat dari segi detail, seperti pada objek senjata dan kendaraan, PUBG Mobile terlihat lebih baik daripada Free Fire. Tekstur dan bentuknya terlihat lebih realistis dan memiliki banyak model yang mirip dengan senjata asli yang digunakan dalam militer. Namun, untuk detail lingkungan seperti rumput, lebih jelas terlihat di Free Fire.

Server

PUBG Mobile masih menggunakan konfigurasi server berbasis benua seperti server Asia, Eropa dan Amerika Utara. Sedangkan Free Fire sudah memiliki server di Indonesia (lokal) sehingga Free Fire ping jauh lebih cepat dan lebih stabil.

Untuk masalah smooth play, tentu saja Free Fire lebih unggul. Free Fire sangat cocok untuk gamer yang menginginkan game dengan tingkat ping yang lebih stabil.

Ini dia ulasan tentang PUBG Mobile vs. Free Fire. Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda memiliki kepercayaan diri untuk memilih?

Pada dasarnya, baik PUBG Mobile dan Free Fire memiliki kelebihan masing-masing. Apa pun pilihan Anda, tetap ikuti berita terbaru tentang Esports di Esportsnesia!