Tue. Aug 11th, 2020

ExtraVentures

Gerbang Esports Indonesia

Hanya perlu sebuah film karya sutradara legendaris, Steven Spielberg untuk membuat dunia memperhatikan hiu. Rasa takut terhadap spesies tersebut yang datang dari horor Jawa yang tidak pudar oleh waktu telah memberikan mereka stereotip sebagai para pembunuh jahat yang brutal, dan walaupun para pecinta alam tentu saja tidak akan menyetujuinya. Walaupun demikian, game terakhir Blindside Interactive, Maneater memberi warna bengis lebih terang yang berbeda untuk predator ini.

Maneater adalah sebuah action-adventure-RPG dunia terbuka yang dibangun di sekitar sebuah pertunjukan dokumenter, mirip dengan game-game seperti Duck Dynasty, dan mengikuti seorang pemburu hiu yang dikenal sebagai Scaly Pete. Perbedaannya adalah konteks dari game ini, Pete sebenarnya adalah orang jahatnya. Dia adalah seorang pemburu kejam tanpa ampun yang tidak pernah memberikan belas kasihan dan mempertunjukkan kekejaman tingkat tinggi, terutama ketika menangani hiu-hiu, yang merupakan alasan kenapa sang anti-hero dari cerita ini adalah sang hiu yang kamu mainkan. Untuk menjaga supaya ceritanya terasa pribadi, sebelum memulai petualangan, Scaly Pete membunuh ibumu, mengoyakmu keluar dari kandungan dan memberimu luka yang parah. Itu semua adalah bagian dari permainan maniak yang dia suka sebut sebagai “the hunt”. Akan tetapi sebelum melemparkanmu, kamu berhasil mengambil tangan Pete sebagai pembayaran, dan sekarang dia ingin membalaskan dendam.

Didesain dengan penekanan kuat pada mekanika RPG, Maneater adalah GTA-nya petualangan bawah air. Di sepanjang game ini, kamu ditugaskan untuk tumbuh dan berevolusi sebagai hiu tersebut, dengan memakan apapun yang terlihat, semuanya di saat kamu secara simultan menciptakan kekacauan pada setiap populasi manusia yang kamu temui. Kamu akan memulai sebagai anak ikan kecil; seekor hiu yang sangat kecil yang berada di tingkatan bawah rantai makanan, tidak cukup rendah sampai tidak makan, tetapi cukup rendah untuk menemukan musuh-musuh yang berbahaya. Tugasmu adalah untuk makan, tumbuh, dan berevolusi supaya kamu bisa menghadapi dan mengkonsumsi predator-predator paling mematikan, semuanya dengan tujuan akhir untuk bisa impas dengan Pete.

Memainkan Maneater sangatlah sederhana. Mekanikanya berada di sekitar berenang dan makan, dan kadang-kadang melakukan hantaman dengan ekor dan sedikit parkour berbasis daratan, yang intinya adalah kamu tidak perlu menjadi seorang jagoan FPS untuk bisa sukses di sini. Berenang memiliki dua hal yang harus dikuasai: gerakan sederhana, dan gerakan melesat yang lebih cepat yang pada dasarnya adalah melakukan sprint. Untuk makan juga mudah untuk dikuasai; ada sebuah tombol untuk makan, yang kemudian bisa dikembangkan lebih lanjut dengan sesekali melakukan hantaman jika diperlukan. Kami menemukan cara terbaik untuk tumbuh adalah dengan melakukan spam pada mekanika makan ketika kami berenang ke sana kemari, hanya untuk mengkonsumsi ikan sebanyak-banyaknya ketika kami mengeksplorasi.

Disamping makan dan berenang, hiu yang kamu mainkan juga memiliki beberapa trik, dalam bentuk memecut dengan ekor dan kemampuan untuk bergerak singkat di daratan. Memecut dengan ekor bisa digunakan untuk membuat ikan dan manusia tertegun, yang membuatnya sebagai sebuah mekanika hebat dalam menangani predator-predator kuat dalam sebuah skenario berbasis pertempuran, dan bisa dikembangkan lebih jauh untuk digunakan sebagai sebuah serangan jarak jauh yang memungkinkanmu untuk melemparkan ikan yang kamu pegang di mulutmu ke arah target-target. Begitu pun hiu yang kamu mainkan juga bisa menyelam jauh keluar dari air menuju ke daratan untuk mencapai area-area baru dan memangsa manusia-manusia yang tidak waspada. Di sinilah dimana hiu memiliki paling banyak keterbatasan, karena kamu hanya bisa berada di daratan dalam jangka waktu tertentu, atau jika tidak kamu akan mulai kehabisan nafas. Akan tetapi kamu bisa mengambil nafas sejenak di laut, dan kamu bisa kembali melompat dan melakukan lebih banyak teror.

Pertempuran dalam Maneater ada di sekitar mengalahkan predator lain dan manusia pemburu hiu yang menggunakan perahu. Musuh-musuh dari dalam air lainnya bisa berupa apapun mulai dari buaya hingga paus pembunuh, dan masing masing berbeda dalam kekuatannya dan tergantung pada ukuran hiu yang kamu mainkan. Misalnya, buaya bisa dikalahkan hanya dalam hampir satu gigitan.di sisi lain, musuh-musuh berbentuk manusia bisa disamakan dengan polisi dalam GTA, ketika kamu menimbulkan terlalu banyak kekacauan bagi manusia, orang-orang akan mengirim tentara bayaran untuk menjatuhkanmu dengan berbagai cara. Semakin banyak dari mereka yang kamu bunuh, unit yang akan dikirim berikutnya akan semakin kuat.

Untuk menjaga skenario pertempurannya supaya selalu terasa segar, Maneater menampilkan beberapa boss fight di berbagai titik cerita. Ini bisa berupa pertempuran mini-boss dimana kamu berhadapan dengan versi lebih kuat dari predator-predator yang kamu temukan di sepanjang game, seperti ‘Hunter Barracuda’. Boss fight juga lebih besar dan lebih unik, seperti predator tingkat tinggi dan pemburu bayaran. Semuanya lebih menantang daripada yang lainnya karena mereka lebih kuat, cepat, dan sehat daripada tipe reguler. Predator-predator tingkat tinggi secara kasar akan memiliki level yang lebih tinggi dan menyerang dengan sangat kuat, bahkan kadang-kadang mampu melemparmu, sedangkan para pemburu bayaran membawa persenjataan baru seperti dinamit untuk menidurkanmu dan juga ikan-ikan lainnya. Dengan adanya tantangan yang ditambahkan, boss-boss ini akan memberikan sebuah upgrade baru untuk hiu yang kamu mainkan, yang sangat berguna ketika kamu sedang berhadapan dengan Pete.

Maneater

Dalam hal pengembangan karakter, Maneater memberikan beberapa cara untuk memperkuat hiu yang kakmu mainkan menjadi sebuah mesin pembunuh yang kamu impikan. Mulai dari gigi-gigi bioelektrik yang menyerang musug ketika digigit, sampai pada badan dengan lebih banyak tulang yang bagus dalam menghantam kapal-kapal. Kamu juga bisa melengkapi hiu yang kamu mainkan dengan kemampuan-kemampuan baru seperti sonar yang bisa membantu ketika mencari barang-barang koleksi dan menemukan ikan. Kemampuan-kemampuan lainnya ini juga memberikan statistik pasif seperti daya tahan terhadap damage dan kecepatan pergerakan ekstra dan juga bisa di-upgrade untuk meningkatkan potensi mereka dengan apa yang didapatkan dari mengkonsumsi makhluk-makhluk. Dan untuk sumber dayanya (minyak, protein, dan berbagai mineral lainnya), mereka pada dasarnya berfungsi sebagai alat tukar, walaupun usaha terus menerus untuk mendapatkannya bukanlah masalah karena membuatmu bisa terus makan dan tumbuh.

Dunia Maneater yang terbuka, terbagi menjadi tujuh provinsi yang berbeda, mulai dari teluk yang terbuka sampai bayu-bayu berlumpur dan pelabuhan-pelabuhan industri yang masing-masing menawarkan tipe-tipe ikan yang unik dan area-area baru untuk dieksplorasi. Untuk menjaga dunia terbukanya tetap terasa seru dan untuk memberi semacam alur cerita untuk diikuti, setiap area dipenuhi item yang bisa dikoleksi dan tugas-tugas (mulai dari plat nomor sampai kandungan mineral, sampai pada tempat terkenal yang menggambarkan sudut pandang jenaka terhadap budaya pop, termasuk referensi dalam Jaws, The Godfather, dan bahkan Finding Nemo). Mengumpulkan item-item ini memberikan sumber daya ekstra dan meningkatkan persentase ketuntasan dalam game ini. di sisi lain, petualangan-petualangan yang tersedia biasanya berkisar pada memakan manusia dan ikan-ikan, atau menghadapi seorang boss. Permasalahan utama dalam desain ini adalah dia tidak pernah-benar-benar berubah, yang artinya kamu akan melakukan hal-yang sama, hanya saja di tujuh area yang berbeda.

Sebagai catatan yang positif, pengalaman audio-visualnya fantastis. Terlihat hebat, terasa hebat dan selalu mengundang tawa, terutama ketika naratornya, Chris Parnell mengeluarkan sesuatu yang cerdas dan konyol sebagai referensi dari apa yang baru saja kamu lakukan. Begitu juga caranya menggambarkan game ini sebagai sebuah dokumenter menciptakan sebuah alur cerita yang cerdas dan juga unik, tetapi isinya tetap ada dalam masalah kedalaman, Maneater sebenarnya agak dangkal. Mengingat bahwa game ini adalah sebuah RPG, mampu menyelesaikan lebih banyak hal bisa dikatakan sebagai segala-galanya. Disamping beberapa peningkatan upgrade dan beberapa, pemburu bayaran, dalam dunia yang dalam hampir sekitar tujuh jam yang terbatas sepertinya telah menjadi penanda limit dari Maneater. Yang cukup menyedihkan terutama mengingat betapa menyenangkannya game ini.

Sebagai kesimpulan, Maneater benar-benar menyenangkan, RPG maritim yang menampilkan mekanika unik dan alur cerita yang cerdas. Game ini mengambil intisari dari GTA dan menyalurkannya dalam cerita berbasis lautan tanpa ampun yang juga mampu memperlihatkan dampak-dampak mengejutkan yang kita perbuat juga sebagai manusia yang entah bagaimana mampu memperlihatkan dampak yang telah kita rasakan bersama. Akan tetapi kekurangan utamanya adalah desain petualangannya yang terbatas di semua lokasi dan kurangnya variasi dalam lokasi-lokasi yang bisa dimainkan; walaupun masing-masing area terlihat indah dan mekanikanya berjalan dengan baik, kamu hanya bisa makan begitu banyak makhluk laut. Setelah semuanya telah dipertimbangkan, Maneater sangatlah menyenangkan, walaupun mungkin tidak direkomendasikan bagi semua kawan ikan di luar sana. Kami melihatmu, Bruce.