Wed. Dec 2nd, 2020

ExtraVentures

Gerbang Esports Indonesia

Penjualan Gim PS4 Meningkat Hampir Dua Kali Lipat

Bermain gim merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang-orang selama pandemi Covid-19. Tidak mengherankan, bermain gim dapat menjadi hiburan pada saat orang-orang harus berdiam diri di rumah.

Dalam pendapatan keuangan terbarunya, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sony melaporkan 91 juta gim PS4 telah terjual selama periode tiga bulan terakhir hingga 30 Juni 2020.

Angka itu menunjukkan peningkatan 83 persen lebih tinggi daripada kuartal yang sama pada tahun lalu dengan angka penjualan 49,8 juta gim.

“Meskipun sejumlah faktor seperti karyawan yang bekerja dari rumah dan pembatasan perjalanan internasional, langkah-langkah yang diperlukan sedang kami tempuh dan persiapan sedang dilakukan dengan peluncuran konsol yang dijadwalkan untuk musim liburan 2020,” kata Sony dalam laporan tersebut.

Disebutkan pula bahwa di antara total transaksi tersebut di atas, 74 persen di antaranya merupakan pembelian gim secara digital. Selain itu, Sony saat ini juga mencatatkan 44,9 juta member PS Plus.

Kontras dengan penjualan gim, penjualan perangkat keras mengalami penurunan. Perusahaan menjual 1,9 juta unit konsol PS4 selama periode tiga bulan tersebut.

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang menyentuh 1,4 juta unit, memang ada peningkatan, tetapi angka itu juga 41 persen lebih rendah daripada kuartal yang sama tahun pada lalu dengan penjualan 3,2 juta unit.

Kontroler dan Perangkat PlayStation 4 Bisa Dipakai Main di Konsol PS5

Sony baru saja mengonfirmasi tentang apakah kontroler PlayStation 4 (PS4), yakni DualShock 4 dan perangkat lainnya bisa dipakai untuk bermain gim PS5.

Lewat postingan di blog perusahaan, Sony mengungkap sebuah informasi yang menarik tentang hal tersebut.

Dikutip dari blog resminya, kontroler dan perangkat bersertifikasi PS4 tidak akan bisa dipakai untuk bermain gim PS5.

“Kami percaya saat main gim PS5, gamer harus merasakan kemampuan dan fitur baru yang dibawa ke platform, termasuk kontroler nirkabel DualSense,” ucap Sony dalam pernyataannya.

Perusahaan asal Jepang itu menjelaskan, kontroler DualShock 4 yang ada di pasaran saat ini hanya bisa memainkan gim-gim PS4 tertentu di konsol PS5.

Nasib Perangkat PS4 Lainnya

Sementara perangkat bersertifikasi PS4, seperti racing wheels, arcade sticks dan flight sticks bisa dipakai untuk memainkan gim PS5 dan PS4.

Tak hanya itu, gamer yang sudah memiliki PS Move Motion Controllers dan PlayStation VR Aim Controller juga masih bisa memakai perangkat tersebut bermain gim PS VR di PS5.

Di bagian bawah posting blog, peruahaan juga mengatakan tidak semua aksesoris PlayStation yang dilisensi atau pihak ketiga akan berfungsi di PS5.