Tue. Oct 27th, 2020

ExtraVentures

Gerbang Esports Indonesia

Developer India Rilis PABJE, Game Alternatif Tiruan PUBG Mobile

Sentimen pemerintah India terhadap China berdampak pada diblokirnya aplikasi mobile asal negeri tirai bambu. Saat ini, sudah tercatat ratusan aplikasi yang masuk daftar blokir ini, diantaranya adalah game Mobile Legends dan PUBG Mobile. Developer PlayerUnknown’s BattlegroundPUBG Corp telah mengambil langkah dengan memutus Tencent sebagai publisher PUBGM di India. 

Sembari menunggu respon dari pemerintah India, saat ini cukup banyak game-game battle royale tiruan PUBG Mobile yang mulai dilirik, salah satunya adalah PABJE.

Dipak Kattikar, developer game asal India ini baru saja merilis PABJE di Google Play Store. Tidak perlu waktu lama, game tiruan PUBG Mobile ini langsung menimbulkan banyak komentar di komunitas gamer battle royale negara tersebut. 

Salah satu hal yang disoroti oleh netizen adalah PABJE menyebutkan grafik yang realistik. Sayangnya, meski memiliki karakteristik mirip, gameplay dan kualitas grafiknya sama sekali tak mendekati PUBG Mobile. Game ini bahkan mendapat penilaian 2.5 dari 5 di Google Play Store

Menariknya, meski mendapat penilaian yang jelek, PABJE sudah diunduh lebih dari 100.000 kali. Developer PABJE meminta para pemain yang ingin mengunduh game ini untuk tidak melihat ratingnya. “Tolong jangan melihat komentar buruk karena kebanyakan pemain memainkan versi 57, namun versi 77 sudah memperbaiki bug yang ada, jadi tolong mainkan game ini dan dukung diriku,” tulis developer PABJE di Play Store. 

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports? Tertarik untuk mencoba PABJE?