Tue. Oct 27th, 2020

ExtraVentures

Gerbang Esports Indonesia

Captain Tsubasa: Rise of New Champions

Sejak dulu, Captain Tsubasa merupakan anime sepak bola yang wajib ditonton di televisi lokal. Tak jarang, demi menyambut Piala Dunia pemutaran anime Tsubasa diputar lagi di televisi demi meramaikan demam sepak bola di Indonesia.

Captain Tsubasa adalah sebuah cerita yang dibuat oleh Yoichi Takahashi, dan menjadi salah satu anime olahraga yang terkenal di Jepang. Semenjak diperkenalkan pada Weekly Shonen Jump di tahun 1981, Captain tsubasa berkembang menjadi sebuah legend yang menginspirasi banyak orang selama bertahun-tahun.

Hingga saat ini, kepopuleran anime sepakbola masih dikuasai oleh Captain Tsubasa, yang hingga kini masih bertahan bahkan masih melanjutkan kisahnya dalam manga terbarunya Captain Tsubasa: Rising Sun. Tak hanya anime dan manga, Captain Tsubasa juga dikenal dengan game-gamenya yang menghadirkan tak hanya permainan sepakbola ala Tsubasa, namun juga jurus-jurusnya yang unik.

Salah satu game AAA terbaru Captain Tsubasa akhirnya telah resmi dirilis oleh Bandai Namco. Game tersebut berjudul Captain Tsubasa: Rise of New Champions. Mungkin, terakhir kali game Captain Tsubasa yang paling asyik dimainkan untuk konsol adalah jaman generasi PS2 lalu. Apakah game terbaru ini bakal mampu menjawab ekspetasi para gamer dan fans? Yuk simak artikelnya!

JALAN CERITA UTAMA DAN 3 RUTE JALAN CERITA BERBEDA

Jalan cerita pada game Captain Tsubasa terbaru ini terbagi menjadi dua episode. Pertama, kamu bisa memainkan Episode Tsubasa. Melalui episode tersebut, kamu akan menjalani cerita layaknya seperti di animenya. Melawan Kashiwa Reysol di awal, dan diakhir akan melawan Toho untuk mengalahkan Hyuga. Sejujurnya tidak ada yg terlalu spesial di episode ini karena bisa dibilang “tutorial” untuk ke episode selanjutnya.

Nah, pada episode kedua, yaitu Episode New Hero, barulah cerita sesungguhnya dimulai. Melalui episode tersebut, kamu bisa membuat karakternya sendiri dan memilih tiga tim berbeda. Yaitu Furano, Musashi, dan juga Toho. Berbeda dengan episode pertama, karakter yang dibuat nantinya akan membantu salah satu tim yang dipilih untuk memenangi kejuaraan nasional. Lalu akan berlanjut ke kejuaraan World Cup Junior.

Pemilihan tiga tim tersebut juga sekaligus memilih tiga rute berbeda. Sepertinya misalnya, jika kamu memilih Musashi, kamu akan berhadapan dengan timnas Jerman di final, sementara jika memilih kedua lainnya akan melawan timnas Brazil atau Amerika. Jadi pastikan untuk menamatkan semua rute untuk mendapatkan semua tim tersebut.

BISA BIKIN KARAKTER PALING IMBA DI EPISODE “NEW HERO”

Episode New Hero bukan hanya sekedar membawa gelar juara tim ditingkat nasional maupun international. Tetapi juga meningkatkan kemampuan “pemain” yang dibuat. Sekedar informasi untuk kamu, setiap pemain di game ini memiliki berbagai stats seperti Offense, Technical, Power, Speed, hingga Defense.

Semua stat tersebut akan digabungkan yang akan menjadi nilai overall si pemain. Jadi, kamu bakal dituntut untuk meningkatkan stats pemain yang dibuat. Cara meningkatkan hanya cukup bermain bagus di setiap match, seperti sering mencetak gol, berhasil tacken lawan, mengoper, hingga melakukan intercept, maka stats yang didapatkan akan semakin tinggi.

Bukan cuma soal stats, di game ini juga masing-masing pemain “diberkahi” dengan tendangan, tackle, hingga gocekan andalannya. Pemain buatan di Episode New Hero bisa mendapatkan berbagai “ilmu” yang dimiliki oleh berbagai pemain di seluruh timnas. Misalnya, kamu bisa memiliki Drive Shoot milik Tsubasa, atau bahkan Fire Shoot milik Schneider.

GAMEPLAY ATRAKTIF DENGAN SCENE CIAMIK SETIAP MEGGUNAKAN “ILMU”

Kru KotGa berani bilang bahwa gameplay game Captain Tsubasa terbaru ini lebih atraktif jika dibandingkan yang terakhir dirilis, yaiitu PS2. Tidak ada momen “pause” ketika ingin mengoper atau melakukan tendangan. Semuanya mengalir layaknya bermain game bole pada umumnya. Seperti menendang, mengoper, umpan lambung dan terobosan, tackel, slading tackel, dan berlari. Semuanya sama.

Yang menjadi perbedaan paling signifikan adalah dari segi menggocek lawan atau melakukan sleding/tackle lawan. Ada tombol khusus, seperti R2 atau R1 teken (di PS4) untuk menggocek tackle atau sleding dari lawan. Lalu, ketika berhasil menggocek lawan dua kali akan ada scene ciamik dari masing-masing pemain yang memiliki ciri khasnya. Tapi pastikan “stamina” yang dimilikinya cukup. Selain gocekan, operan juga memiliki skill seperti Drive Pass milik tsubasa.

Selain itu, tentu saja yang paling dinantikan adalah berbagai skill atau ilmu ketika melakukan tentandangan untuk mencetak gol. Di game terbaru ini, sudah menjadi lebih atraktif, dimana para pemain hanya cukup menekan tombol Kotak (di PS4) sampai bar terpenuhi, makan sudah bisa melakukan shot dengan ilmu.

Kru KotGa pribadi cukup kagum dengan fitur tendangan menggunakan ilmu di game terbaru di Captain Tsubasa ini. Pasalnya, tidak bisa asal-asalan menggunakan ilmu begitu saja, terutama dalam hal Combo Shot. Untuk menggunakan ilmu yang sulit seperti “Tendangan Bareng” antar Tsubasa dan Misaki, kamu harus memenuhi kondisi dimana kedua pemain tersebut harus berdekatan. Atau jika ingin menggunakan Tachibana bersaudara, kamu harus melakukan umpan lambung ke mereka berdua yang berdekatan. Gampangnya, kalian tidak bisa asal tekan tombol.

PUNYA FITUR “MABAR” OFFLINE ATAUPUN ONLINE

Selain mode jalan cerita, kalian juga bisa memainkan mode multiplayer. Mode multiplayer ini dibagi dua, yaitu local dan juga online. Untuk fitur localnya sendiri, kamu bisa melawan teman sebanyak maksimal 4 pemain (2vs2) dengan mode bertarung biasa, adu pinalti, atau mode turnamen aka cup. Hanya itu saja.

Sementara untuk mode online, terdapat fitur Division League. Dimana jika pemain bisa menang terus-menerus akan meningkatkan divisinya. Tentunya pada mode tersebut kamu akan mendapatkan pemain secara random dengan sistem matchmaking. Kru KotGa pribadi yang sudah mencicipinya cukup enjoy dengan mode online ini, karena matchmaking cukup cepat dan selama permainan tidak ada “lag” yang mengganggu.

Sementara di fitur online juga terdapat Lobby. Pada mode tersebut para pemain bisa “mabar” dengan teman di sebuah lobby yang bisa dibuat dengan password dan melakukan invitation ke teman-temannya. Terdapat mode 1vs1 dan juga 2vs2 pada Lobby ini.

KESIMPULAN

Captain Tsubasa: Rise of New Champions membawa aksi Tsubasa Ozora dan teman-temannya dalam mencapai kedudukan gemilang di ranah sepak bola nasional hingga internasional. Dalam game ini kamu dapat mengeksekusi berbagai skill bermain yang epik baik saat menyerang maupun bertahan, sesuatu yang memang sangat khas dari setiap karakter dalam seri Captain Tsubasa dan variasi skill bermain bola mereka yang unik.

Tambahan animasi untuk berbagai scene ketika menggocek atau melakukan tendangan membuat game tersebut semakin terlihat atraktif dan seru yang tentu saja membuat kru KotGa pribadi cukup betah untuk bermain lama-lama. Secara keseluruhan gameplaynya menjadi nilai jual utama game ini.

Selain kehadiran lebih banyak tim dan mekanisme gameplay terbaru, Captain Tsubasa: Rise of New Champions juga hadir dengan mode multiplayer. Pada mode online tersebut akan menghadirkan pertarungan dengan berbagai mode seperti 1vs1 atau 2vs2. Ada juga fitur Divisi Liga dimana para pemain mengincar posisi tertinggi dengan pemain lainnya.

Bagi kamu yang memang fans berat dari Captain Tsubasa, game terbarunya ini tentu sangat mampu menjawab ekspetasi setelah penantian game konsol Captain Tsubasa yang terakhir kali dirilis pada era PS2. Atau jika kamu yang baru tau Tsubasa dan memang ingin mencoba memainkannya, game ini juga sangat worth it untuk dibeli. Captain Tsubasa: Rise of New Champions adalah versi lengkap dan paling “sempurna” untuk game Captain Tsubasa sejauh ini.

Captain Tsubasa: Rise of New Champions sendiri tersedia untuk PlayStation 4, Switch, dan juga PC melalui Steam.